4 Jenis Investor

  • Save

 

Dalam hal menyikapi perubahan, dan belajar, ada 4 jenis orang yaitu :

1. Yang melihat perubahan dan belajar sendiri
Ini adalah orang-orang yang selalu berdiri di depan. Mereka punya visi dan bisa menggerakkan orang. Kalau di investasi, mereka yang sudah melihat risikonya dan mempersiapkan diri.

2. Yang melihat perubahan dan diajarkan
Ini adalah golongan orang yang melihat perubahan, tapi tidak tahu apa yang harus dilakukan. Karena itu, orang-orang ini akan mencari seorang mentor.

3. Yang sudah kena perubahan dan belajar
Ini adalah golongan orang yang ingin mencoba dulu, kena masalah, barulah ingin meningkatkan kapasitas. Ada beberapa teman kami yang ketika ditunjukkan jalannya, menjawab : gpp saya mau lose dulu, biar tahu sensasinya.

4. Yang sudah kena perubahan tapi tetap tidak mau belajar
Ini adalah orang yang sudah kena masalah tapi tetap tidak berusaha meningkatkan kapasitas. Berada di investasi selama bertahun-tahun memegang konsep yang salah, tapi tidak ada niat berubah. Orang yang selalu menyalahkan pihak luar akan kerugian yang terjadi. Salah bandar. Salah pemerintah. Salah internet. Salah informasi. Cara paling gampang. Tapi setelah itu apa. Kembali lagi ke kebiasaan lama.

Albert Einsten berkata : definisi tidak waras adalah menggunakan cara yang sama mengharap hasil yang berbeda.

Jika kita tidak puas dengan hasil yang kita terima, mungkin perlu dicek apakah cara kita perlu diubah atau tidak.

Masalah terbesar ketika kita berulang kali melakukan kesalahan yang sama adalah itu akan menjadi kebiasaan. Dan setelah jadi kebiasaan, akan semakin susah untuk diubah.

Siapa yang sudah menulis dengan tangan kanan tiba-tiba bisa lancar menulis juga dengan tangan kiri.

Ada kebiasaan-kebiasaan yang perlu dilakukan supaya bisa menjadi pemenang di bursa. Menang bukan untuk mengalahkan yang lain, tapi mengalahkan diri sendiri. Selalu melakukan tantangan ke diri, supaya kapasitas diri meningkat terus. Ada 6 kualitas yang bisa dikembangkan. Kita akan share di artikel berikutnya.

Setelah kapasitas meningkat, tujuannya adalah supaya bisa merangkul itu sendiri. Menerima bearish dan bullish adalah bagian dari bursa.

Semoga bermanfaat dan selamat berakhir pekan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link