5 Tahap Karir Investasi

  • Save

 

5 Tahap Karir Investasi

Ada 5 tahapan dalam perkembangan karir seseorang. Baik dalam bidang apapun. 5 tahap perubahan diri ketika kapasitas kita meningkat. 5 tahap ini adalah :

1. Tahap akumulasi
Di tahap ini kita mulai memikirkan apa tujuan kita melakukan investasi. Kita menyadari bahwa apa yang kita lakukan selama ini tidak akan membawa kita kemana-mana, sehingga kita memutuskan untuk berubah. Kita mengumpulkan ilmu sebanyak mungkin. Dan mulai mencari cara untuk meningkatkan kapasitas.
Tahap ini ditandai dengan cara pandang kita yang telah berubah dari berputar-putar tanpa tujuan menjadi jelas apa yang kita kehendaki.

2. Tahap persiapan
Di tahap ini kita menemukan mentor yang bisa membimbing kita. Mentor ini bisa siapa saja, asal telah melalui jalan yang hendak kita tuju. Tidak mungkin orang yang mengajar kita tapi belum pernah melalui jalannya. Kita akan belajar banyak hal di bagian ini. Seperti kita di taman kanak-kanak belajar membaca, dan harus mengeja tulisannya satu per satu.
Tahap ini ditandai dengan kita memahami semua hal yang penting di investasi secara teori, dan harus diingatkan kembali.

3. Tahap penglihatan
Di tahap ini kita menguasai ilmu yang dibutuhkan untuk bertransaksi. Kita bisa mandiri dalam memilih saham. Kita tahu apa kesalahan yang sudah kita lakukan dan bagaimana memperbaikinya. Seperti ketika kita sudah menguasai abjad A-Z. Tidak perlu diingatkan lagi.
Tahap ini ditandai dengan kita menguasai segala pemahaman yang benar tentang market.

4. Tahap latihan
Dengan pemahaman mendalam di tahap ke3, kita mulai mandiri menjalankan trading plan yang sudah dikerjakan. Kita membuang satu per satu kebiasaan jelek kita.
Tahap ini ditandai dengan semakin tenang kita menghadapi up and downnya market.

5. Tahap tidak perlu belajar
Di tahap ini kita sudah mencapai kesempurnaan. Tidak ada keraguan lagi dalam melakukan transaksi. Market yang up and down bisa kita hadapi dengan tenang, karena kita sudah tahu apa yang harus dilakukan.

5 tahap ini bisa digunakan juga untuk  karir lainnya. Tahap yang pasti dilalui.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link