Angkutan Online vs Saham Sektor Transportasi

  • Save

 

Angkutan Online vs Saham Sektor Transportasi

Beberapa tahun ini, bermunculan model transportasi berbasis aplikasi. Gojek, Grabbike, Uber, dll. Dan dengan keluarnya hal baru, pasti akan ada efeknya terhadap yang lama.

Dan sebagian besar mungkin langsung melihat ke saham TAXI dan BIRD. Karena menganggap kue bisnis mereka akan terpotong. Mungkin saja ya, mungkin saja tidak.

Sama seperti kemunculan toko online, maka bisnis toko ritel akan terkena efeknya. Hal yang tidak bisa dihindari. Mana mungkin kita melawan perkembangan jaman. Kecuali ingin nasibnya seperti dinosaurus yang punah karena perubahan iklim.

Itu kalau kita lihat dari 1 sisi. Bagaimana dengan sisi lain. Apakah ada pihak yang diuntungkan oleh perubahan ini. Dinosaurus memang punah, tapi golongan mamalia akhirnya menjadi dominan di dunia.

Nah, dengan perkembangan transportasi berbasis aplikasi, ada perusahaan yang diuntungkan. Yang secara langsung adalah ASII. Ini jelas karena setiap ada aplikasi pengemudi yang didownload, berarti ada 1 motor/mobil yang dibutuhkan. Bisa saja pengemudi sudah memakai yang lama, dan tidak menutup kemungkinan mereka membeli motor/mobil baru. Berarti Astra sebagai perusahaan penjualan kendaraan, akan mendapat efek positifnya.

Apalagi yang akan mendapat efek positif? Bank dan perusahaan perkreditan? Pembuat seragam pengemudi? Di sinilah perlunya kita mengembangkan cerita. Seberapa besar efek perubahan situasi terhadap kinerja keuangan perusahaan. 1%, 10%, atau lebih besar. Kalau 1%, jelas tidak banyak pengaruhnya.

Inti dari investasi adalah potensi keuntungan yang dihasilkan. Investor akan membeli karena melihat ada potensi kenaikan laba. Tugas kita sebagai investor, haruslah mengecek seberapa valid data yang ada.

Buy what you know, and know what you buy. Itu kuncinya. Artikel ini hanya sebagai pintu gerbang untuk mengetahui potensi perusahaan. Silakan lakukan riset sendiri bagaimana kelanjutan ceritanya.

Btw, gambar yang ada cuma buat lucu-lucuan, tanpa maksud untuk mendeskritkan salah satu pihak atau sebagai alat promosi.

Have a nice day.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Copy link