Are You Worried

  • Save

 

Are you worried?

IHSG kemarin close -3% lebih. Eido -6% lebih. Ada berita China cut yuan lagi, walau ga jelas benar atau tidak.

Siapa yang sejak semalam menjadi kuatir sehingga tidak bisa tidur. Apalagi sejak 6 bulan terakhir begitu banyak berita negatif di pasar.

Dari penurunan ekonomi Indonesia  yang dihubung-hubungkan ke 98, padahal ekonomi masih bertumbuh 4.67%. Berita the fed yang belum jelas kapan menaikkan suku bunga. Harga barang yang naik turun, waktu naik pembeli kuatir, waktu turun penjual kuatir. Dollar terbang terus. China memotong nilai yuan lagi.

Itu yang terjadi. Yang belum terjadi, atau istilahnya ramalan, bahwa dunia akan krisis, ada krisis 7 tahunan, 7 oktober mau kiamat, benar tidak ya ramalannya, soalnya kami tidak pernah mengikuti dengan jelas, dollar mau ke 17.000. Ihsg mau ke 3000an. Ada lagi para jago analis dengan seabrek-abrek gelar meramal ini itu.

Coba kita berpikir sejenak. Semua yang sudah terjadi, adalah masa lalu. Sedangkan yang belum terjadi adalah masa depan. Kita hidupnya di masa sekarang. Apakah masa lalu bisa mengubah apa yang akan terjadi? Tentu tidak. Jadi masa lalu biarkan saja.

Sedangkan masa depan, karena belum terjadi, tidak bisa jadi acuan. Mengapa? Karena jika ada hal buruk yang diramalkan akan terjadi, maka kita pasti akan mengantisipasinya. Misalnya di depan ada jurang, otomatis kita akan mengerem. Kalau telat bagaimana, dan sudah terjadi. Lihatlah sebagai masa lalu. Survive juga kan?

Contoh, Indonesia menuju krisis, pemerintah toh tidak tinggal diam. Ada paket 1,2,3, dan katanya mau 4. Walau pelaksanaannya belum tentu akan mulus, setidaknya ada usaha. Pemerintah juga manusia loh, yang makan nasi, dan malam hari tidur. Manusia mana yang tidak pernah salah?

Nah, di saat tulisan ini dibuat, eido posisi plus 1%. Jadi, liburan hari ini benar-benar rugi kalau hanya dibawa kuatir. Oh ya, mau kuatir, yang ga punya barang juga kuatir kalau ternyata besok kencang naiknya.

Seperti dibahas di buku One Up,
1. Jangan biarkan kekuatiran merusak portofolio anda
2. Jangan biarkan kekuatiran merusak liburan yang indah

Apakah hari IHSG -8.88% seperti di 2011, atau -4% seperti di 2015, pada akhirnya perusahaan super akan maju daan perusahaan jelek akan gagal, dan pemegang saham mendapat apa yang diinveatasikannya.

Jadi, sudahkah kita tahu perusahaan yang kita pegang adalah perusahaan bagus atau tidak?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Copy link