Fed Rate

  • Save

 

Fed Rate, apakah kita perlu kuatir?

Selama 1 tahun terakhir, kita disibukkan dengan berita akan datangnya perubahan Fed Rate yang terakhir kali berubah sekitar 10 tahun yang lalu. Apakah perubahan ini akan membawa efek besar ke pasar modal?

10 tahun belum pernah berubah, wajar ada kekuatiran. Tapi kalau kita melihat lebih jauh (gambar 1), sejak tahun 1955, Fed Rate sudah mengalami 8x kenaikan, bahkan di 1981, Fed rate naik sampai lebih dari 20%. Kita BI Rate saja di 7.5% sudah dianggap tinggi, apalagi Amerika yang di 20%. Jadi, kenaikan ini bukan pertama kali. Sebelumnya sudah, dan ke depan pasti akan terjadi lagi.

Gambar 2 menggambarkan hubungan Fed Rate dengan pergerakan Dow Jones. Ada bagian yang diarsir abu-abu, menandakan resesi atau kontraksi ekonomi. Grafik antara Fed Rate (warna merah) vs Dow Jones (warna hijau tua) digambarkan pada masa yang sama. Terlihat walau Fed Rate naik turun, dan Dow ada terkena efeknya, tapi secara jangka panjang, Dow Jones tetap naik. Salah satu komentar Warren Buffet bahwa dia tidak terlalu fokus ke Fed Rate karena pandangan jangka panjang ini. Pandangan bahwa ekonomi akan terus bertumbuh, dan koreksi adalah kesempatan untuk membeli masa depan Amerika dengan harga diskon.

Itu di Amerika, Dow vs Fed Rate. Bagaimana dengan Indonesia? Nanti kita akan mengusahakan perbandingan IHSG vs BI Rate.

Besok kita akan menggambarkan apa yang menggerakkan saham Amerika.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link