Full Time Trading

  • Save

 

Full Time Trading

Apa yang sebaiknya dilakukan kalau market merah? Banyak jawabannya. Kalau kami, jangan dilihat. Apa enaknya melihat market merah, kalau tidak ada rencana untuk trading. Merah itu menarik kalau ada cash, dan hijau itu menarik kalau ada saham.

Jika memang ada niat membeli, sesuaikan saja dengan rencana yang sudah dibuat. Tidak perlu melibatkan emosi, karena itu tidak membantu sama sekali. Market yang merah adalah kesempatan, karena jika saham ada nilainya, maka setiap penurunan berarti potensi keuntungan yang lebih besar. Dan kita tahu, reward naik berarti risk turun.

Ini kalau ada rencana, kalau tidak? Apa gunanya memantau market terus menerus. Dilihatin berjam-jam juga kalau memang arahnya naik/turun ya pasti akan begitu juga. Tidak ada efek tambahan dari kita jika dilihatin terus. Apalagi kita berperan sebagai investor. Yaitu orang yang menaruh uang di sebuah perusahaan kemudian menunggu imbal hasilnya.

Proses menunggu inilah yang banyak orang tidak suka. Sehingga berusaha mencari segala cara untuk bisa mengetahui hasil akhir. Mungkin ini bukan hanya di saham saja. Banyak hal di dunia juga seperti itu. Orang berusaha mencari hasil instan. Kalau dipikir, apakah benar bisa? Bayi dihasilkan dari kehamilan 1 bulan. Menanam padi dan dipanen dalam waktu 1 hari. Setelah dipikirkan apa yang masuk akal, kita akan meninggalkan yang tidak logis.

Jadi, sebagai investor, kita cukup membuat rencana dan melaksanakannya. Waktu jam market bisa dipakai untuk mengerjakan hal lain. Misalnya wealth accumulation dengan mengambil proyek. Atau serius bekerja. Ini salah satu masalah. Kalau kita memakai jam kerja untuk trading, bukankah kita mencuri dari perusahaan? Bagaimana mungkin kita berharap bisa kaya tapi dengan cara yang tidak logis. Mungkin ini akan menjadi perdebatan yang tidak ada ujungnya. Tapi bagi kami jelas, mencuri tidak akan jadi baik walau dilakukan oleh seluruh orang di satu negara.

Kegiatan lain, bisa dipakai untuk meningkatkan kapasitas. Sehari 1 halaman buku. Maka dalam 1 tahun kita sudah mempelajari pengalaman 20 tahun seorang master. Meningkatkan kapasitas adalah hal baik. Karena kalau kapasitas meningkat, biasanya kekayaan akan meningkat. Selalu tanyakan ke diri, apakah saya punya kapasitas mengelola aset 1M, 10M, 100M, 1T, dan seterusnya. Jika belum, saatnya berusaha lagi. Hal yang lebih baik adalah membantu orang meningkatkan kapasitas. Dan hal terbaik adalah jika orang itu bisa juga membantu meningkatkan kapasitas yang lain. Banyak hal yang bisa dilakukan bukan?

Atau malah bisa untuk hiburan? Pas kan dengan dimulainya film Star Wars. Filmnya lumayan bagus. Worthed untuk ditonton. Anehnya, semakin tidak melihat market, hati akan semakin tenang, dan banyak kemungkinan menjadi terbuka lebar. Jadinya kita malah meningkatkan peluang keberhasilan kita dalam berinvestasi.

Jadi, apa artinya menjadi full time trader? Berhenti bekerja yang selalu melihat layar komputer dan berpindah layar melihat running trade? Atau bisa melakukan semua hal yang kita sukai.

May the force awake in you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link