Fundamental EPL

  • Save

 

EPL

EPL, atau English Premier League. Siapa yang tidak kenal. Liga sepakbola paling mahal di dunia. Dan ada istilah the big four. Yaitu 4 klub besar yang mendominasi liga Inggris, yaitu Manchester United, Arsenal, Chelsea, dan Liverpool. Sekarang ini Liverpool digantikan oleh Manchester City dengan kekuatan dananya.

Tahun ini ada sedikit anomali. Di mana di klasmen, yang nomor 1 adalah Leicester City, tim yang berada di posisi paling bawah tahun lalu di waktu yang sama. Dan Chelsea sebagai juara bertahan ada di peringkat 14.

Dan ada 1 fakta menarik. 20 tim di liga sudah saling mengalahkan sehingga bisa membuat 1 lingkaran utuh, tim A menang lawan B, B menang lawan C, C menang lawan A. (ada di gambar pertama). Hal yang mungkin sangat jarang terjadi.

Apakah sepakbola telah berubah? Kalau kita melihat 6 besar, maka ada 4 tim yang tahun lalu di sana dan sekarang juga sama (gambar 2 warna merah). Jika melihat papan tengah, sama juga dari 6 tim, ada 4 tim yang sama dengan tahun lalu (gambar 3 warna hijau). Jika melihat papan bawah, 3 tim di sana juga sama dengan tahun lalu (gambar 4 warna biru).

Jadi walau sekilas terlihat banyak kejutan, dan tiap pekan penuh warna, secara garis besar tetaplah sama. Inilah namanya fundamental.

Sehari-hari bisa saja banyak berita atau pergerakan yang fluktuatif, tapi secara long term, nilai-nilai perusahaan akan tetap sama. Mengapa? Karena perusahaan adalah kumpulan manusia yang melakukan aktifitas mencari uang. Dan namanya aktifitas yang telah menjadi kebiasaan, pastilah tidak segampang itu berubah.

Perusahaan baik akan naik sahamnya, perusahaan buruk akan turun sahamnya, kita investor akan diganjar atas apa yang kita miliki.

Sumber :
http://m.bbc.com/sport/football/35021767

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link