Investor yang Berhasil

  • Save

 

Investor Yang Berhasil

Ketika kita memulai perjalanan karir atau bisnis, biasanya karena kita termotivasi dengan seseorang yang sudah berhasil. Kita melihat kisah suksesnya, dan kemudian mengikutinya dengan harapan bisa seperti itu.

Nah, di dunia investasi saham, siapa role model kita? Warren Buffet? Selain itu? Errrrr….. Jesse Livermore? Rasanya kurang pas karena akhirnya yang tragis. Siapa lagi ya? Buffet lagi? Atau patnernya ? Tapi ga kenal tuh. Mungkin dari saham-indonesia, ada 1 lagi tambahan. . Setelah itu?

Daftar di bawah adalah orang-orang yang berhasil dalam investasi saham. Daftar ini masih bisa diperpanjang jika tiap negara dimasukkan minimal 50 orang terkaya.

http://www.forbes.com/sites/chasewithorn/2015/03/02/forbes-billionaires-full-list-of-the-500-richest-people-in-the-world-2015/

Kalau lihat isinya, mungkin tanda tanya besar. Ini kan orang terkaya di dunia? Bukan yang trading saham. Kalau dilihat baik-baik, mereka masuk daftar itu karena apa? Apa persamaannya.

Mereka memegang saham perusahaan terbaik dalam waktu yang lama. Mungkin ada yang ikut terlibat di dalamnya, tapi pointnya tetap sama. Mereka tidak pernah keluar masuk berbagai perusahaan.

Ini sama saja seperti orang yang setia di sebuah perusahaan, maka karirnya akan naik terus. Jika tidak naik, mungkin harus bertanya-tanya, apakah orang ini ada salah jurusan?

Bill Gates melakukannya dengan 1 perusahaan. Warren dengan 10 perusahaan. Dan yang lainnya juga sama. Mereka bertahan di perusahaan terunggul.

Bagaimana dengan kita? Apa karir investasi yang ingin kita jalani?

Mungkin ada yang bertanya-tanya. Kalau dipegang lama nanti ikut turun gimana? Semua yang di daftar itu juga pernah mengalami penurunan. Warren di 2008 -40% aset dia. Kira-kira -250 trillun rupiah. Kerenan kita, tidak pernah lose segitu.

Lagipula orang yang hold tahunan pasti dikritik yang hold bulanan. Napa waktu turun ga keluar dulu. Yang hold bulanan akan dikritik yang hold mingguan. Yang mingguan oleh yang harian. Yang harian oleh yang jam2an. Yang jam2an oleh yang menitan. Yang menitan oleh yang tick2an. Yang tick2an? Jadilah penjaga running trade bukan investor lagi. Intinya mau gaya apapun juga selalu ada yang tidak sama. Karena itulah bursa terbentuk.

Cukup bertanya ke diri : jika saya lakukan ini selama 20 tahun, apa ujung yang menanti saya?

Be a successful investor

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link