Meningkatkan Kapasitas

  • Save

 

Meningkatkan kapasitas

Apakah kita ingin sukses di investasi? Apakah kita ingin melalui masa bearish? Jawabannya jelas ya. Kalau tidak, untuk apa capek-capek memantau market, menganalisa, mengalami kerugian.

Untuk berhasil, jelas kita harus memiliki kemampuan untuk itu. Tidak mungkin ada cerita hari ini rekening investasi selesai, setor dana, dibisikin saham X atau mendapatkan visi saham Y akan naik, hajar sebesar-besarnya, , jual, kemudian dengan keuntungannya.

Cerita di atas hanya ada di film, yang berdurasi 2 jam. Karir investasi kita jelas lebih panjang dari itu. 2 tahun ataupun 20 tahun.

Nah, proses mendapatkan pengetahuan disebut meningkatkan kapasitas. Kebetulan kalimat ini juga diucapkan oleh Mark Zuckenberg di surat untuk anaknya. Termasuk Bill Gates, visi mereka jelas, meningkatkan kapasitas penduduk dunia, sehingga punya pengetahuan untuk menggunakan produk mereka, profit datang, dan mereka bisa menjangkau lebih banyak lagi. Ini namanya win-win solution.

Proses meningkatkan kapasitas sendiri ada 3, yang kemungkinan besar akan dilalui semua orang, baik di saham maupun dalam proses belajar lain, yaitu :

1. Dari belajar
Bisa dari mentor, seminar, buku, intinya pengetahuan yang kita dapatkan. Banyak orang berhenti di sini.

2. Dari merenung
Pengetahuan yang sudah didapatkan, dipikirkan, apakah benar seperti itu, kalau benar, apakah cocok untuk kita lakukan, sesuai kondisi kita. Jadi, semua artikel yang pernah kami tulis, jangan pernah terima bulat-bulat. Tapi renungkan dulu, mana yang baik mana yang tidak bisa diterapkan. Setelah itu…..

3. Dari melakukan
Lakukanlah apapun yang telah kita pelajari, pikirkan segala sisi. Di sinilah proses sesungguhnya dari meningkatkan kapasitas. Kita menjadikan pengetahuan yang sudah ada menjadi kita. Tidak logis kita bilang sudah bisa mengemudi hanya dengan membaca manual, mendengar instruksi, dan membayangkan kita mengendari mobil. Bagian inilah yang hilang dari kebanyakan pembicara seminar. Makanya ada istilah hidup itu tidak seindah omongan si ini.

Kapasitas kita akan meningkat setahap demi setahap. Kami sudah melihat apa ujung karir investasi kami dengan belajar dari guru-guru yang hebat baik dari dalam negeri, atau luar negeri seperti Warren Buffet atau . Kemudian merenungkannya adalah cocok dengan apa yang kami inginkan. Dan terakhir, kami memulai proses ini.

Warren Buffet bisa di posisi dia sekarang karena meningkatkan kapasitas selama 60 tahun. Peter Lynch selama 40 tahun.

Jadi, siapkah kapasitas kita meningkat? Hanya kita sendiri yang bisa menjawabnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link