Rally dan Drop

  • Save

 

Rally dan Drop

Data di tiga tabel memperlihatkan kenaikan dan penurunan IHSG, pada waktu setelah libur natal sampai akhir tahun, kenaikan sejak tahun baru sampai puncak, dan penurunan dari puncak sampai bottom.

Terlihat sudah sejak 2003 IHSG selalu ditutup positif setelah libur natal. Apakah tahun ini sama?

Di gambar kedua, adalah data penutupan IHSG dari hari pertama di tahun itu sampai mencapai puncaknya. Di awal data, kami hanya memasukkan data  jangka pendek yaitu hanya pergerakan di bulan Januari, baru di beberapa tahun terakhir datanya adalah benar-benar sampai puncak IHSG sebelum jatuh minimal 5%.

Di gambar ketiga, adalah data penutupan IHSG dari puncak sampai titik terendah IHSG di tahun itu. Jenis data sama seperti gambar dua, yaitu di awal kami hanya memakai jangka pendek.

Apakah semua akan berulang seperti sejarah? Kalau benar begitu, tinggal google saja data historical dan diaplikasikan, maka sudah jadi orang kaya. Realita tidak segampang teori, karena yang kita hadapi adalah kumpulan ribuan investor yang memiliki pola pikir bermacam-macam.

Karena itulah kami tidak terlalu melihat pergerakan harga masa lalu, fokuslah hanya pada bisnis yang bagus, memiliki masa depan cerah, dikelola oleh orang-orang jujur, dan dijual dengan harga murah. Lakukan selama bertahun-tahun dan lihatlah hasilnya.

Dan akhir kata, selamat hari ibu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link