Semua Pasti Berlalu

  • Save

 

Semua pasti berlalu.

Minggu lalu kami balik ke Medan, untuk melihat orangtua sekaligus kerja. Sekalian berkunjung ke rumah saudara.

Dulu sewaktu masih kecil, selalu rutin ke sana setiap minggu, dan orang tua selalu membawa jalan-jalan ke Medan Plaza yang letaknya dekat sana. Salah satu pusat perbelanjaan pertama di kota Medan.

Dulu yang namanya plaza dan mall susah dijangkau, jadi harus ada jadwal khusus ke sana. Beda dengan sekarang, sudah banyak pilihan mall, bahkan tinggal jalan ke bawah dari tempat tinggal. Jaman memang sudah berubah.

Nah, kemarin pas balik baru lihat secara langsung sisa Medan plaza yang terbakar habis. Dulu juga pernah terbakar. Kalau dari berita sih sudah tahu, apalagi sekarang jaman informasi, 10 detik setelah kejadian, ujung dunia juga sudah tahu.

Plaza yang dulu sangat megah berdiri, sekarang tinggal sisa gedung. Tidak tahu apakah pemiliknya ada rencana membangun ulang. Dan ini bukan hanya Medan Plaza yang seperti ini. Banyak plaza di Medan yang akhirnya ketinggalan jaman, dan ditinggalkan pengunjungnya. Deli plaza yang sekarang sudah dirubuhkan untuk dijadikan apartemen/perkantoran/mall, dan banyak lagi.

Sama juga seperti di saham. Selalu akan ada penguasa yang merajai transaksi harian, menjadi penggerak index, yang akhirnya akan berakhir menjadi saham tidur.

Apakah karena kesalahan pemilik perusahaan yang kalah saing, atau jaman sudah berubah sehingga produknya tidak laku lagi, atau memang karena secara umum industrinya terkena imbas penurunan ekonomi.

Itu yang cerita tidak menyenangkan. Ingat juga, jika ada perusahaan kalah bersaing, pasti ada perusahaan menang bersaing. Ada industri yang sejalan dengan kebijaksanaan pemerintah. Dan seterusnya.

Intinya, semua hal pasti berubah. Dan tidak akan ada yang bisa menangkap dengan pasti kapan perubahan akan datang. Kita cukup bersiap diri, sehingga ketika perubahan datang, kita tidak terkejut.

Btw, perubahan ini bukan harga yang tiap hari naik turun. Kalau itu sih, lebih dibutuhkan keberuntungan dibanding skill untuk menebaknya. Lupakan saja tentang itu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link