2 Sisi

  • Save

 

2 Sisi

Casey Newton: There are two wolves who are always fighting. One is darkness and despair. The other is light and hope. The question is… which wolf wins?
Eddie Newton: The one you feed.

———————–

Eddie Newton: Why do you love the stars so much?
Young Casey Newton: Because I want to go there.
Eddie Newton: What if nothing is there?
Young Casey Newton: What if everything’s there?

———————–

2 percakapan ini adalah dari film Tomorrowland. Film yang bagus, silakan cari dvdnya untuk keseluruhan.

Setiap kejadian selalu hanyalah sebuah cerita. Bagaimana jalannya pikiran kitalah yang menentukan cerita ini buruk atau baik. Jika kita punya kebiasaan melihat kekurangan, biasanya pikiran yang jelek akan keluar. Jika kita punya kebiasaan melihat kelebihan, biasanya pikiran yang baik akan keluar. Misalnya, apa yang ada di pikiran kita pada saat melihat Dow Jones -500.

Pikiran yang keluar akan menjadi sebuah kebiasaan. Dan setelah menjadi kebiasaan, akan menjadi siapa diri kita. Jadi, berhati-hati dalam berpikir.

Orang-orang dengan pemikiran negatif akan selalu mencari apapun hal-hal negatif karena merasa nyaman dengan itu. Demikian juga yang berpikir positif. Pernah kan mendengar orang berkata, saya ini orang pemarah. Atau saya ini orang dermawan. Sebenarnya yang ada adalah orang yang punya kebiasaan marah-marah atau orang yang punya kebiasaan bermurah hati.

Untuk profit di saham juga butuh kebiasaan. Kecuali kita hanya ingin 1x menang setelah itu pensiun. Kalau yang itu mungkin lebih butuh kemujuran. Jadi, kebiasaan apa yang perlu dikembangkan? Untuk detil bisa dicek di 6 kesempurnaan yang sudah dishare.

Jaman dulu orang-orang berlatih menjaga pikirannya dengan membawa kumpulan batu hitam dan putih dalam kantongnya. Setiap pikiran, perkataan, perbuatan yang menghasilkan akibat negatif, dia menaruh batu hitam di 1 kantong. Dan setiap pikiran, perkataan, dan perbuatan yang menghasilkan akibat positif, dia menaruh batu putih di kantong lainnya. Di malam hari sebelum tidur dia menghitung jumlah batu yang dihasilkan. Dengan cara ini mereka merubah cara pandang mereka sedikit demi sedikit. Jaman sekarang memang tidak logis membawa batu kemana-mana. Tapi dengan perkembangan teknologi, lebih banyak hal bisa dilakukan. Kita bisa mencatat lebih detil plus min yang dihasilkan sehingga bisa lebih difokuskan pengembangannya.

Mungkin ini gunanya kita melakukan berdoa dengan agama masing-masing. Yang tujuannya untuk mengembangkan kesadaran penuh. Pada saat berdoa, kita mengingat-ingat kembali apa saja yang telah dilakukan dan perlu diperbaiki atau dikembangkan lebih lanjut. Untuk bagian ini tidak akan dilanjutkan karena kita bukan grup sharing agama.

Demikianlah tiap hari kita mereview apa saja kegiatan kita di investasi sehingga kapasitas kita bisa meningkat.

Sekarang, sampailah kita pada pemikiran ketiga. Yaitu berpikir realistis. Bahwa kedua hal ini bisa terjadi. Dengan inilah kita bisa melihat kesempatan dan menilai risiko.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Copy link