12 Buffet Rules

  • Save

 

12 Buffet Rules

Pada gambar berikut adalah salah satu yang kami gunakan. Kami menggunakan aturan yang ditulis oleh Buffet di bukunya. Tentang 12 indikator yang tujuannya untuk menentukan berapa porsi saham yang layak dimilikinya.

12 indikator itu terdiri dari 4 bagian yang masing-masing berbagi 3 lagi, yaitu tentang bisnisnya, manajemen, indikator keuangan, dan nilai wajarnya. Ini sesuai dengan cara Buffet membeli saham. Belilah bisnis berprospek yang dikelola orang jujur dan memiliki kekuatan finansial serta dijual di harga murah.

Setiap ada kategori yang terpenuhi,  maka skor perusahaan ini bertambah, dan porsi perusahaan juga bertambah. Kalau ada kriteria tidak perpenuhi, maka skor berkurang, sehingga bobot perusahaan berkurang.

Wow, tiba-tiba pembicaraan ini seperti pembahasan rebalancing MSCI yang diributkan setiap beberapa bulan. Apakah metode yang dipakai untuk rebalancing? Kami tidak tahu, tapi gambarannya kemungkinan seperti ini.

Ini memang cuma sekilas, untuk yang tertarik dengan filenya atau ingin mengetahui cara membuatnya bisa Private Message kami. Saham-Indonesia tidak melayani pertanyaan melalui comment di sini.

Skor yang kami pakai sedikit dimodifikasi dari aturan yang dibuat Buffet, disesuaikan dengan iklim investasi di sini. Bisa saja ke depan berubah lagi. Tapi gambaran besarnya kira-kira seperti ini.

Dan inilah gunanya kita membaca tentang buku investor lain. Apa yang mereka tulis bisa digunakan. Sehingga teori akan menjadi praktek. Kalau cuma sebatas membaca kemudian ditaruh kembali di rak buku, maka teori selamanya akan menjadi teori.

Nanti kami akan membahas lagi bagaimana 6  kategori bisa juga dibuat seperti ini. Yang itu lagi dikembangkan, jadi kami juga belum memakainya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link