Pipa Bisnis

  • Save

 

Pipa Bisnis
 
Banyak orang mungkin merasa analis membingungkan. Merasa harus berhadapan dengan banyak angka. Fundamental analis seharusnya bukanlah yang rumit-rumit. Karena namanya fundamental adalah dasar. 
 
Buat yang masih bingung, mungkin analoginya bisa seperti ini. Kita melihat perusahaan sebagai penghasil uang. Dari proses produksi, kemudian adanya pipa yang mengalirkan uang itu sampai ke tangan kita. Orang yang menjalankan proses ini adalah karyawan perusahaan. Kita membeli perusahaan yang mengalirkan uang paling banyak ke kita. 
 
Semakin konsisten aliran uang ini, semakin mahal perusahaan yang dibeli. Kadang ada berita buruk terhadap kondisi perusahaan. Di sini kita harus mengecek apakah fondasi perusahaan masih stabil. Apakah aliran uang ini akan terganggu. Atau apakah ada kejadian di mana pipa ini malah mengarahkan uangnya ke orang lain. 
 
Andaikan aliran uang ini terganggu, berapa lama gangguan ini. Sama seperti jika ada layanan listrik atau gas ke rumah kita dan terganggu, berapa lama kerusakan ini akan terjadi. Jika permanen, secara logika lebih baik jika kita pindah rumah. Jika harus diperbaiki, berapa uang yang harus dikeluarkan. Apakah nilai rumah ini akan menurun. Jika akan turun, mungkin lebih baik jika kita menjual dulu baru membeli lagi di kemudian hari ketika nilai rumahnya sudah setara dengan kerusakan yang terjadi. 
 
Yang terakhir. Bagaimana dengan orang yang mengawasi pipa ini. Apakah mereka akan nakal dan mengambil untung dengan menyedot pipa ini di tengah. Posisi kita sebagai investor ada di ujung. Jadi jika ada kehilangan di tengah, hasil yang akan kita terima sudah pasti akan berkurang. Kalau ini terjadi, sudah selayaknya jika kita tidak bersentuhan dengan perusahaan seperti ini. Karena cara berpikir mereka sudah bukan untuk keuntungan kita tapi keuntungan mereka. 
 
Untuk membahas tentang kualitas manajemen, bisa membaca di sini. 
 
Apa itu GCG?
http://goo.gl/qmFCqx
 
Intinya, selalu bayangkan ada perusahaan yang mengalirkan uang untuk kita. Seberapa besar keyakinan kita terhadap perusahaan ini. Itulah harga yang akan kita bayar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link