Pipa Masa Depan

  • Save

 

Pipa Masa Depan

Kita diajarkan dari kecil untuk mencari ilmu, setelah itu mencari pekerjaan, setelah itu mencari pasangan, kemudian membangun sarang yang nyaman sampai masa tua. Apakah mayoritas pernah mendengar seperti itu?

Tapi pernah kita melihat atau mendengar atau membaca ada sekelompok orang yang hidupnya benar-benar bebas. Bebas bisa kemana saja. Bebas finansial. Bebas dari ketakutan terhadap masa depan. Orang-orang super yang berada di jajaran para elit dunia.

Pertanyaan akan muncul. Bagaimana cara mereka mencapainya. Dan apakah kita bisa seperti mereka. Pertanyaan penting, karena jika ada orang yang berhasil dan kita tidak mungkin, maka semua buku hanyalah akan jadi teori. Tidak perlu berusaha meningkatkan kapasitas lagi, karena semua hanyalah mitos.

Kita biasanya bekerja keras untuk mengumpulkan harta. Ini cara konvensional. Kita bekerja untuk uang. Tapi ada orang tertentu yang tidak bekerja keras, tapi uang tetap mengalir masuk. Alias uang bekerja untuk dia.

Pada bagian ini, kita harus sepakat dulu bahwa ini mungkin. Bahwa ada dunia di mana bahkan orang tidurpun, uang tetap datang ke dia. Karena kalau kita tidak melihat kemungkinan dari dunia ini, adalah tidak ada gunanya dilanjutkan lagi.

Salah satu alasan penting mengapa kita harus berusaha masuk ke dunia ini. Dunia uang bekerja untuk kita. Adalah karena biasanya kita menukar sesuatu yang kita miliki untuk uang. Kita menukar tenaga, waktu, keahlian. Ini bagus, jika kita bisa selalu di puncak. Tapi sejalan dengan waktu, akan ada orang baru yang lebih muda, lebih banyak tahu, dan lebih kuat yang akan menggantikan kita. Ini sudah hukum alam. Ini namanya regenerasi. Dan kita sendiri juga dalam proses menggantikan yang lebih lemah, lebih tua, dan lebih kurang tahu.

Pertanyaan berikutnya. Berapa lama kita sanggup berada dalam lingkaran ini. Apalagi ketika kita sakit. Sudah pasti penghasilan akan berhenti. Pada saat ini, orang asuransi akan datang dan menawarkan produknya. Menceritakan berbagai risiko yang mungkin dihadapi. Bagaimana kalau kita sehat-sehat saja sampai tua. Tapi karena seleksi alam, kita menjadi kurang dibutuhkan lagi di karir kita.

Karena semua pertimbangan di atas, kita perlu karir baru. Karir yang semakin lama kita akan semakin naik. Karir yang bisa membuat uang bekerja untuk kita. Karir yang bisa memberikan kemungkinan kita masuk ke dunia orang-orang super kaya. Karir yang bisa dimulai siapa saja yang punya niat. Karir ini disebut investor.

Ya, dengan menjadi investor, kita akan punya kesempatan untuk itu. Menjadi investor, bisa di berbagai bidang. Di properti, di bank, di pabrik, di perusahaan dagang, di restoran. Itu kalau modal kita sudah besar. Bagaimana kalau masih kecil. Apalagi gaji pas-pasan. Berarti perjalanan kita masih jauh.

Di sinilah peran bursa efek. Kita bisa menjadi investor di properti, bank, restoran, pabrik sabun, pabrik mie, pabrik snack, toko roti, toko pakaian, pemilik minimart, dll, dengan modal kecil. Dalam hal ini, kita bukan aktif setiap hari memantau pergerakan bisnisnya. Ada cara sederhana untuk itu. Kita akan share di artikel lain.

Nantinya, dengan berjalannya waktu, ketika hasil investasi kita berbuah, kita akan tinggal menikmati hasilnya. Hasil ini nanti akan ada 2. Yaitu capital gain dan dividen gain. Contoh misalnya, Warren Buffet menginvestasikan 10 juta ke bisnis koran di tahun 1973. Sekarang, jika dia menjual bisnisnya, capital gain yang dia dapatkan sudah hampir 1 milyar. Sedangkan kalau dia bertahan, maka setiap tahun dividen yang dia terima sekitar 15 juta. Alias setara deposito 150%. Dan ini semua terjadi ketika dia menemani cucunya makan eskrim.

Tentu saja perjalanan karir ini tidaklah semulus cerita dongeng. Sama seperti karir lainnya. Kita akan jatuh bangun. Kita butuh banyak hal. 3 di antaranya sudah dibahas di artikel sebelumnya. Tentang mentor, ilmu, dan komunitas. Dan banyak faktor lainnya.

Tapi yang paling penting adalah, apakah kita sendiri ingin memulai karir ini? Pertanyaan terakhir. Mana orang-orang yang sudah berhasil. Sampai sekarang tidak pernah kelihatan batang hidungnya selain di majalah. Jawabannya, dulu kami pernah ikut seminar. Pembicaranya pernah menjawab pertanyaan yang mirip dengan di atas. Untuk bertemu orang yang telah berhasil, kita sendiri harus sedikit di bawah level orang itu. Kalau levelnya masih jauh, jauh juga jarak kita. Tapi dengan membaca artikel ini, maka kita sudah memulai langkah pertama untuk pencapaian karir investasi.  

Dan ini gunanya artikel ditulis. Ketika anda melihat masa depan anda dibangun melalui dunia investasi, berarti tujuan artikel telah tercapai. Karena apa? Beberapa tahun yang lalu kami juga memulai dengan cara yang sama. Ujungnya, akan ada pipa yang mengalirkan uang untuk kita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Copy link