Siapa yang Bisa Diandalkan

  • Save

 

Siapa yang Bisa Diandalkan

Tahun ini banyak film tentang superhero. Dimulai dari Deadpool, kemudian SupermanVBatman, dan dilanjutkan dengan Captain America, X-Men, dan lainnya. Film superhero biasanya diadaptasi dari komik, yang muncul karena manusia menginginkan sosok pahlawan yang bisa melindungi mereka.

Bagaimana dengan di saham. Siapa atau apa yang bisa menjadi pegangan kita. Bagaimana kita bisa bertahan sepanjang karir investasi kita. Tentu kita harapkan bisa mencapai ujung karir yang bagus.

Dari pengalaman kami, ada 3 hal yang akan menentukan pencapaian karir investasi kita, yaitu :

1. Mentor
Setiap orang selalu merupakan orang baru di sebuah bidang. Tidak ada yang terlahir langsung menjadi jagoan. Bagaimana perkembangan dia akan ditentukan siapa mentornya. Mentor di sini tidak mesti harus 1 orang melulu. Tergantung perkembangan kita sendiri, kita bisa saja naik kelas dan mencari mentor yang baru.

Saham-Indonesia sudah membahas banyak artikel tentang mentor. Jika ada waktu, silakan dibaca.

2. Apa yang diajarkannya
Seorang mentor pasti memberikan bimbingan. Pertanyaan terpenting adalah apakah yang diajarkannya benar-benar akan membawa kita mencapai tujuan. Untuk itu, kita harus tahu dulu apa yang kita mau. Setelah itu, ceklah apakah yang diajarkan sudah teruji. Apakah sudah ada yang berhasil menjalankan metode ini. Saham-Indonesia mengambil jurusan karena metode ini sudah teruji.

Salah satu yang paling berhasil adalah Warren Buffet. Logika kami sederhana saja. Jika sudah ada yang berhasil, lebih gampang kita mengikuti cara dia kan? Mengapa harus susah-susah mencari cara baru?

3. Mencari Komunitas
Setiap orang yang berhasil karena memiliki teman seperjuangan yang saling mendukung. Hampir tidak mungkin ada yang bisa berdiri di atas dengan tenaga sendiri. Walau ada yang mengklaim bisa, biasanya tidak akan bertahan lama.

Adanya komunitas yang saling mendukung, teman dan lingkungan yang sanggup meningkatkan kapasitas kita, ini yang akan membuat kita bertahan dan mencapai tujuan kita.

Jadi, setelah mengetahui tujuan kita berinvestasi, carilah mentor yang bisa mengajarkan kita metode yang sudah teruji, dan bergabunglah dengan komunitas yang sehat supaya bisa saling mendukung. Lakukan ini selama beberapa tahun, dan pada akhirnya, kita yang tadinya di belakang, akan bergerak maju menjadi mentor bagi yang lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link