Tenbaggers

  • Save

 

Tenbaggers

Tenbaggers atau 10 x lipat adalah istilah yang dipopulerkan Peter Lynch, salah satu fund manager terhebat di Amerika Serikat. Dana kelolaannya berhasil mengungguli kinerja index saham Amerika Serikat selama 13 tahun berturut-turut.

Tenbagger artinya adalah jika saham yang kita miliki naik 10 x lipat dari modal awal kita. Jadi misalnya modal awal kita ada di harga 1.000, maka 10 x lipat ada di 10.000. Berarti jika 100% portofolio kita berisi 1 saham ini, maka kekayaan kita juga telah bertambah 10 x lipat.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mendapatkannya, kita lihat dulu dari bidang lain.

Baru-baru ini ada film yang menjadi tenbagger. Kalau ini film dari Hollywood, jelas bukan berita luar biasa. Sudah biasa film Hollywood mencetak hasil luar biasa. Setiap beberapa tahun film  Hollywood akan bergantian mencetak rekor pendapatan.

Film yang kami maksud adalah the Mermaid. Film yang diproduksi di negara China. Film ini sampai sekarang sudah menghasilkan hampir 600 juta USD. Film pertama di luar film Hollywood yang berhasil mencapai 500 juta USD. Dengan modal 60 juta USD, maka film ini telah menjadi tenbagger di bidangnya.

Sekarang kita lihat alasannya. Yang pertama, film ini disutradarai oleh Stephen Chow. Yang merupakan artis kawakan dengan berbagai film komedinya yang laris, misalnya Kungfu Hustle, Shaolin Soccer, dan film komedi lama misalnya King of Beggar, Sixty Million Dollar Man, From Beijing with Love, God of Gambler 3, dan lain-lain. Dengan deretan pengalaman beraktingnya, wajar kalau akhirnya dia berhasil membuat film yang sukses.

Film ini dibuat dalam waktu 3 tahun. Dan melibatkan artis yang belum begitu terkenal. Sehingga biaya bisa ditekan. Kemudian adanya kemajuan  teknologi yang membantu pembuatan film ini. Ditambah komedi di dalamnya.

Dan yang terpenting, kekuatan ekonomi China sudah berkembang sedemikian pesatnya, sehingga rakyat di sana mampu mengkonsumsi hiburan dalam jumlah banyak. Menarik untuk melihat jumlah uang yang dihasilkan melalui film Hollywood seperti Batman vs Superman, Captain America Civil War, dan ke depannya, Avatar 2. Apakah kesuksesan the Mermaid adalah karena nama Stephen Chow saja atau dibantu juga kekuatan ekonomi China.

Balik ke saham. Kita bisa melihat. Untuk menghasilkan tenbagger, dibutuhkan kualitas. Tidak bisa sembarangan kita membeli 1 saham kemudian berrharap langsung sukses. Setelah itu, dibutuhkan waktu untuk menjadi tenbagger. Tidak logis jika hari ini beli saham, dalam waktu 1 bulan mengharap sudah untung berkali-kali lipat.

Kemudian, yang terpenting. Sama seperti film sukses karena kondisi ekonomi yang ideal, saham yang sukses juga butuh kondisi ekonomi yang ideal. Tidak logis jika ketika harga minyak murah kita mengharap saham minyak akan menjadi tenbagger.

Temukanlah saham yang punya potensi, dikelola oleh orang baik, punya prospek cerah, dan dijual dengan harga murah. Maka potensi menemukan tenbagger lebih besar.

Untuk itu anda bisa mengikuti grup diskusi, atau study grup saham-indonesia,  dan belajar meningkatkan kapasitas.

Yang terakhir, sama seperti di film, yang selesai diproduksi, mulai tayang, booming, tidak laku dan akhirnya turun tayang, demikian juga di saham. Selalu ada perusahaan yang naik kinerjanya, bertahan di atas, kemudian turun. Bagaimana kita mengenalinya akan menentukan kinerja investasi kita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link