Medical Check Up

  • Save

 

Medical Check Up

Tadi pagi baru saja medical check up rutin. Untuk jaga-jaga saja siapa tahu ada masalah. Untungnya angka yang tertera tidak berbeda jauh dengan check up sebelumnya.

Kita tidak pernah bisa menebak dengan pasti kondisi tubuh kita. Jadi sebisa mungkin kita butuh angka yang bisa menunjukkan kondisi itu. Dan ini kita lakukan rutin setiap beberapa bulan sekali.

Hal ini sama persis di saham. Untuk mengetahui kondisi perusahaan, kita perlu check up pada perusahaannya. Bisa saja kita tidak mengecek apapun isi perusahaannya dan langsung membeli. Mungkin bisa berhasil, mungkin juga bisa gagal. Ibarat main poker, tanpa melihat kartu kita bisa saja menang. Atau mengendari mobil dengan mata tertutup, bisa saja kita akan sampai tujuan. Tapi untuk apa mengambil risiko yang tidak perlu.

Di sinilah gunanya membaca laporan keuangan. Kita membaca tentang kesehatan perusahaan, gambaran uang masuk dan uang keluarnya. Apakah perusahaan ini akan berkembang atau menurun. Jika perusahaan sehat dan berkembang, tentu uang yang kita investasikan akan berkembang juga.

Seperti memelihara sapi. Setiap beberapa waktu kita mengecek kondisi sapi. Tidak logis kita membeli beberapa ekor anak sapi, kemudian dilepaskan begitu saja. Setelah beberapa waktu kita tinggal menjual sapi yang sudah dewasa. Cara kerja menjadi kaya di bursa tidaklah seperti ini.

Kita perlu mengecek kinerja perusahaan. Pertanyaan penting sebelum kita melangkah lebih jauh. Bagaimana kalau perusahaan menipu laporan keuangannya. Bukankah kita akan berada dalam masalah besar? Jawabannya, bisa saja. Tapi berapa banyak penipu berkeliaran di sekitar kita. Sedikit sekali dibanding orang jujur. Karena itulah bisnis akan berkembang. Tanpa kejujuran, bisnis akan mati.

Perusahaan yang baik juga tidak bodoh untuk memalsukan laporan keuangan. Cepat atau lambat akan ketahuan dan saat itu tiba, siapa lagi yang percaya. Contoh saja tentang kondisi panama papers yang lagi heboh. Sekarang semua yang berada di daftar itu akan diasumsikan sebagai orang tidak baik. Padahal banyak alasan orang menggunakan jasa off shore. Dan bukan keahlian kita untuk menilai apa yang orang lain lakukan.

Minimal, ada 1 cara paling gampang dalam memutuskan perusahaan baik. Kita mengerti apa produk yang dijual perusahaan dan kita tahu alamat perusahaan di mana. Alasannya sederhana. Kita tahu bagaimana perusahaan menghasilkan uang dan siapa yang sedang bekerja menghasilkan uang. Jika 2 hal ini tidak bisa kita jawab, lupakanlah untuk berinvestasi di sana. Kemungkinan kita tertipu menjadi lebih besar.

Tapi kalau anda bingung tentang perusahaan apa yang layak diinvestasikan, kami pribadi membuat list untuk itu. Anda bisa mencontoh list tersebut kemudian mengembangkannya sendiri.

Ini list sahamku, mana list kamu?
http://goo.gl/tuKBG9

Dan check up terhadap perusahaan ini juga harus berkala. Untungnya bursa efek sudah membantu dengan mengharuskan setiap perusahaan melaporkan kinerja mereka setiap 3 bulan sekali.

Apa yang harus dicek, kita akan sharing di artikel lainnya.

Dan terakhir, kami juga membuat file sederhana untuk melakukan finansial checkup pribadi. Bisa didapatkan di sini.

Finansial Check Up
http://goo.gl/6Xzwng

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Copy link