X-Men Apocalypse

  • Save

 

X-Men Apocalypse

Sudah nonton X-Men terbaru? Menceritakan kebangkitan mutant terkuat yang berusaha menghancurkan dunia, dan para X-Men berusaha mencegahnya. Film ini ada sedikit hubungannya dengan film X-Men sebelumnya yaitu First Class dan Day of Future Past. Jadi mungkin perlu ditonton dulu supaya mengerti beberapa adegan di film Apocalypse.

Kembali ke Apocalypse. Kita melihat ketika ada bencana yang terjadi, para X-Men bersatu berusaha menghalangi bencana itu. Walau ini hanya film, tapi sifat dasar manusia memang seperti ini. Berusaha menghindari penderitaan dan mencari kebahagiaan.

Ini sama seperti kita membuang saham yang bergerak turun dan mengejar saham yang bergerak naik. Untuk bagian ini kita akan bahas nanti.

Poin utama di artikel ini adalah, walau ada berapapun skenario buruk yang mungkin dan akan terjadi, manusia bukan makhluk bodoh yang hanya diam menunggu semuanya terjadi dan ikut tenggelam bersamanya. Manusia punya kemampuan untuk berpikir dan berusaha.

Kiamat ekonomi, resesi besar, 5 tahun, 7 tahun, 10 tahun, Inggris akan keluar Euro, China slowdown, komoditas turun harganya, komoditas naik harganya, serangan teroris, dan semua hal yang mungkin terjadi. Apakah manusia bisa survive karena berusaha menghadapinya?

Dan dalam kegiatan sehari-hari juga, kita berusaha menghindari masalah dan mencari kenyamanan. Memang kadang ada solusi yang tidak efektif. Tapi kita juga belajar. Sehingga kita bisa berevolusi dan meningkatkan kapasitas kita. Dan jika masalah yang sama terjadi, kita sudah ada cara untuk menghadapinya.

Lupakan dunia tanpa masalah yang semuanya baik-baik saja. Kita akan selalu berhadapan dengan hal-hal yang mungkin tidak kita sukai dan mungkin kita sukai. Sifat alaminya memang seperti itu. Dan cara kita bereaksi akan menentukan apa yang akan kita hadapi di masa depan. Coba pikir-pikir, apakah kita yang hari ini dipengaruhi oleh tindakan kita di masa lalu? Dan apa yang kita pikirkan, katakan, dan perbuat sekarang akan mempengaruhi masa depan kita?

Dan jika reaksi kita menentukan masa depan, kita perlu berhati-hati terhadap apa yang kita lakukan sekarang. Reaksi yang negatif, yang menolak atau mengikuti nafsu, atau investor menyebutnya sebagai fear and greed, akan memastikan kita menerima keburukan yang sama ke depannya.

Persis seperti itu juga jika perusahaan atau negara mengelola masalah. Jika masalah dihadapi dengan marah, emosional, keserakahan, ketidak sabaran dan mental negatif lain, maka hasilnya tidak akan kemana-mana. Ini yang disebut kehidupan spiral down, satu tindakan membuat hasil yang lebih buruk. Beda dengan jika tindakan yang dilandasi kebaikan, keinginan maju, kesabaran dan mental positif lainnya. Ini akan membawa kehidupan spiral up.

Mengapa ini dibahas dalam investasi? Karena tugas kita sebagai investor untuk menginvestasikan uang kita pada perusahaan yang spiral up. Memang tidak gampang. Dan yang penting, model investasi seperti ini akan membawa kita bisa tidur dengan nyaman.

Sekarang balik ke bagian saham yang naik dan turun. Jika landasannya kita mengejar saham yang lagi naik dan membuang saham yang lagi turun, berarti cara berinvestasi kita adalah model fear and greed. Investor haruslah melihat lebih jauh dibanding cuma gerakan naik turun saham. Apa yang menyebabkan gerakan saham itu? Dan itulah gunanya belajar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link