Apakah Dunia Lagi Krisis

  • Save

 

Apakah Dunia Lagi Krisis
 
Setiap waktu kita membaca dunia selalu ada masalah. Dari China, Jepang, Eropa, Amerika, terakhir dari Inggris bahwa mereka akan keluar dari Uni Eropa. 
 
Kita tahu krisis terjadi ketika ekonomi mengalami pertumbuhan negatif. Di gambar adalah area yang berwarna merah. Terlihat hanya ada beberapa negara yang mengalami ini. Dan sebagian besar adalah negara yang menghasilkan komoditas. Beruntung Indonesia tidak termasuk di dalamnya. 
 
Jadi secara umum dunia dalam kondisi baik-baik saja. Prediksi dari berbagai lembaga juga menunjukkan dunia masih akan bertumbuh. 
 
Bagaimana dengan semua berita yang ada. Bisa saja dalam jangka pendek akan ada fluktuasi tapi untuk jangka panjang, selama dunia damai dan penduduk bertambah, semua akan baik-baik saja. 
 
Bagaimana dengan kinerja kita sendiri. Jika dunia baik-baik saja, seharusnya portofolio kita juga akan berkembang. Itu yang paling penting. Kita bukan wartawan yang fokus mencari berita. Kita adalah investor yang mendapat untung dari capital gain atau dividen gain.  
 
Untuk dividen gain, fokus kita adalah saham yang menuju matang dan siap untuk membagi dividen. Sedangkan untuk capital gain, kita berfokus pada saham yang punya potensi kenaikan. Mengenai detil untuk 2 hal ini, kita bisa membahasnya di artikel lain. 
 
Semoga dengan artikel ini, investasi kita menjadi lebih nyaman sehingga kita bisa tenang. 
 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link