Full Time Trader

  • Save

 

Full Time Trader 
 
Apakah profesi full time trader bisa menjadi pilihan pekerjaan? Kita bisa membuat perhitungan sederhana. 
 
Untuk menjadi full time trader, kita butuh modal trading 150 x pengeluaran bulanan kita. Jadi jika pengeluaran kita 10 juta per bulan,  maka kita butuh modal 1.5 milyar. 
 
minimal setahun yang harus kita kejar adalah 10jt/bulan x 12 = 120 juta. Alias 8%. Gampang kan untuk kejarnya, apalagi dapat bumi yang 2 hari 80%.
 
Tapi full time trader tidak mungkin masuk bumi karena keharusan make money every month, atau keluarganya akan kelaparan. 
 
Ini tahun pertama. Tahun berikutnya tanpa menghitung inflasi, kebutuhan 1 keluarga pasti akan naik, dari anak yang tambah usia. Jadi kebutuhan 120 juta per bulan sudah tidak cukup. Katakanlah butuh 150 juta sekarang. Maka keharusan profitnya menjadi 10%.
 
Tahun ke3 bagaimana? Silakan tambahkan inflasi. Dan ingat, karena full time trader, maka kita tidak ada penghasilan lainnya untuk menambal pengeluaran ini. 
 
Cara terbaik dan gampang bagi kita untuk menjadi kaya dari saham adalah wealth accumulation. Yaitu kita tetap ada penghasilan utama, dan kelebihan pendapatan ditabung ke saham. Selain kenaikan harga, kita akan mendapat yang makin besar tiap tahun. Sekarang yield memang kecil 2-5% per tahun. Tapi untuk saham yang sudah 10 tahun? 10 tahun yang lalu sekitar 6 ribu, dividennya sekarang sekitar 700, hampir 10%. 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Copy link