Perusahaan Bermasalah

  • Save

Perusahaan Bermasalah

Apa perusahaan yang akan kita bangun kalau ada modal? Apakah perusahaan yang kembang kempis atau perusahaan yang sehat dan makin besar. Ciri-ciri perusahaan yang makin besar adalah perusahaan yang menjual lebih banyak produk setiap tahun dan menerima laba lebih besar.

Itu kalau perusahaannya kita bangun sendiri. Bagaimana dengan perusahaan yang kita investasikan. Apakah sama atau ada tanda-tanda spesial. Kami rasa sama saja. Kita hanya ingin berinvestasi di perusahaan yang sehat. Tujuannya supaya uang kita tidak gampang lenyap. Siapa yang mau menaruh uang di perusahaan yang nasibnya tidak jelas.

Contoh di gambar adalah salah satunya. Perusahaan yang tiap kali menjual 1 produknya, malah menanggung kerugian. Itu belum bayar gaji karyawan, uang sewa, listrik, air, bunga bank. Apa sisanya untuk kita sebagai investor? Coba saja ada teman yang mengajak berbisnis jualan mie ayam tapi tiap kali berhasil menjual 1 porsi mie, kita harus mengeluarkan uang dari kantong kita sendiri. Apa reaksi kita?

Dalam bursa juga banyak saham-saham model serupa. Saham-saham yang tidur berbulan-bulan karena tidak layak investasi, tahu-tahu tanpa sebab jelas bangkit. Apakah layak dibeli? Silakan baca cerita di atas.

Mungkin keputusan kita tidak beli akan ditertawakan. Seperti contoh di bawah.

Yang hold tahunan akan diketawain yang bulanan. Yang bulanan akan diketawain yang mingguan. Yang mingguan akan diketawain yang harian. Yang harian akan diketawain yang jam2an. Yang jam2an akan diketawain yang detik2an. Yang detik2an akan diketawain karena sudah jadi penjaga warnet bukan investor lagi.

Pada akhirnya ada prinsip yang harus kita pegang. Kalau tidak akan menjadi masalah. Masalah yang nanti akan jadi kebiasaan kalau kita suka merubah planning. Misalnya tiap minggu kita jual saham yang rencananya akan dijual beberapa bulan ke depan, nanti lama-lama akan mikir bagaimana kalau tiap hari dilakukan.

Tujuan kami sendiri adalah mencapai kebahagian. Pada akhirnya yang terpenting dari yang kita kerjakan adalah yang bisa memberikan peace of mind.

Ga ada gunanya bisa ribuan persen kalau itu membuat umur kita jadi pendek karena trading seperti orang gila. Sampai pantat juga tidak bisa diangkat dari kursi lagi.

Pada akhirnya, ada aturan yang harus kita tetapkan untuk kita sendiri. Aturan yang bisa membuat kita trading dengan nyaman.

Jadi apa aturan kita masing-masing? Supaya bisa mencapai tujuan kita di akhir. Kita lah yang menentukan apa yang kita beli, bukan apa yang kita beli yang mengarahkan kita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link