Investasi itu Seru

  • Save

Investasi itu Seru

Setelah membahas tentang pandangannya tentang investasi yang kami rangkuman di artikel https://saham-indonesia.com/2016/08/investasi-itu-membosankan/ hari ini pak Onang membahas lagi tentang sebuah artikel yang menarik. Artikel yang kalau dari sudut pandang investor, akan menjadi seru karena model bisnisnya yang memang demikian. Yaitu investasi di saham alias komoditas.

Saham siklus menawarkan return yang lumayan dan sekaligus yang lumayan jika kita tidak tahu apa yang kita kerjakan. Sebelum membahas lebih lanjut, kita bisa membaca artikel yang dibagikan oleh pak Onang tentang investasi di saham komoditas.

http://m.liputan6.com/bisnis/read/2031407/skandal-bre-x-penipuan-tambang-emas-terbesar-dunia-dari-busang

Beberapa hal menarik dari artikel di atas. Bahwa penipuan juga bisa terjadi di negara Amerika, yang merupakan salah satu bursa tertua di dunia. Dan yang tertipu juga adalah orang asing bagi kita yang harusnya sudah jago sekali. Ini berarti mau di mana-mana sama saja, fear and greed selalu akan ada.

Kemudian, ternyata berinvestasi di saham komoditas tidaklah gampang, apalagi barang tambang yang terdapat di perut bumi. Jika perusahaan ABCD menyatakan mereka memiliki kandungan emas atau apa saja sebanyak berjuta-juta ton, atas dasar apa kita bisa membuktikannya. Apalagi banyak istilah tambang yang mungkin baru kita dengar ketika mereka menawarkan investasi ini pada kita.

Apalagi ketika ada perusahaan yang belum beroperasi sudah bisa menjual sahamnya. Berarti kita membeli kertas putih berdasarkan kepercayaan, atas dasar apa kita bisa mempercayai mereka. Satu nasehat dari teman yang selalu kami ingat, selalu percaya dengan orang lain sampai orang itu tidak bisa dipercaya, dan untuk uang, jangan percaya orang itu sampai bisa dipercaya.

Jadi, sebelum berinvestasi di sebuah perusahaan, kita harus terlebih dahulu benar-benar mengecek kualitas mereka, bukan hanya dengar kiri kanan. Apa kira-kira bisnis yang kita tekuni hanya karena dengar kiri kanan dan berhasil? Bahkan beli hp dan kulkas saja kita mengecek secara mendalam.

Ini juga bukan berarti jangan membeli saham tambang. Tapi hanya beli lah yang kita tahu kualitasnya. Ada teman yang di bidang tambang, dan fokus dia di saham tambang, dan yang dia hasilkan bisa ratusan persen.

Jadi, beli lah yang kita ketahui bagus, dan tidak perlu pusing kan dengan pergerakan harganya. Kalau kita pusing mengapa saham yang sudah dibeli tidak naik, bukankah fund manager atau Bandar lebih pusing karena dana kelolaan mereka lebih besar dan jika mereka bergerak, akan jadi incaran yang lain. Jadi serahkan saja hal yang memusingkan pada ahlinya, kita cukup membeli perusahaan bagus, dan menunggu panennya.

Itu gunanya kita menjadi investor kan? Membeli perusahaan terbaik dan menyerahkan operasionalnya kepada yang ahli. Kita sendiri? Ya kerjakan apa yang menjadi keahlian kita supaya bisa wealth accumulation atau mengerjakan hobi.

Life is so easy.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link