Melihat Potensi

  • Save

 

Melihat Potensi

Apa yang membuat kita ingin berinvestasi di satu produk. Kita berani menaruh uang jerih payah kita dengan risiko kehilangan semua uangnya.

Dua hal yang terjadi, kita melihat adanya potensi berkembangnya nilai uang kita jika diinvestasikan dan kita percaya itu bisa terjadi.

Semua produk investasi selalu dimulai dari hal kecil. Kemudian dengan adanya penambahan nilai, maka harga produk investasi akan naik juga.

Gambaran sederhananya kita bisa menggunakan contoh berikut. Bayangkan diri kita adalah sebuah produk investasi. Berapa nilai yang diberikan investor pada kita tergantung dari kemampuan kita menghasilkan uang dan harta yang kita miliki. Harta yang ada misalnya rumah, mobil, perabot, kemudian dikurangi hutang yang harus kita bayar. Inilah nilai bersih kita.

Tapi jika cuma seperti ini, maka tidak ada nilai tambah bagi investor yang berinvestasi di kita. Apa yang paling penting adalah kemampuan kita menghasilkan uang di masa yang akan datang. Karena potensi inilah maka investor berani membayar lebih mahal.

Contohnya bisa dilihat di salah satu bintang film Hollywood. Siapa yang kenal anak muda di gambar? Mungkin ada yang tahu, ada juga yang tidak. Nama aktor ini adalah Harrison Ford.

Dua franchise filmnya yang paling terkenal adalah Star Wars dan Indiana Jones. Total pendapatan film yang dibintangi Ford dari seluruh dunia mencapai 8.5 milyar dollar atau sekitar 100 trillun rupiah. Pendapatan paling besar dari seorang aktor. Di serial Star Wars terakhir, Ford mendapat uang sebesar 16 juta dollar ditambah 0.5% dari pendapatan filmnya. Sebagai gambaran, Ford mendapat 10 ribu dollar di film Star Wars nya yang pertama.

Jika kita ingin berinvestasi di aktor film, maka Harrison Ford adalah pilihan terbaik. Ini adalah gambaran bagaimana seorang manusia bisa berkembang. Tapi apakah di awal Ford sudah pasti akan menjadi bintang film terbesar? Belum tentu. Sebelum star wars, siapa yang kenal dia. Makanya bayarannya kecil di film pertama Star Wars. Setelah itu, akan semakin besar.

Mengetahui bahwa setiap manusia bisa berkembang akan sangat membantu kita dalam melakukan value investing. Kita berani berinvestasi karena keyakinan bahwa uang kita akan bertambah di sana. Inilah modal lainnya yang perlu kita miliki. Tanpa keyakinan, maka kita tidak akan punya kesabaran menunggu hasilnya.

Membahas sisi manusia adalah sangat penting karena perusahaan adalah kumpulan dari manusia. Tidak ada perusahaan yang bisa berdiri tanpa kehadiran manusia. Karena itulah Peter Lynch berkata di balik setiap saham terdapat perusahaan. Bukan hanya kertas lotere atau batang lilin. Dengan kumpulan manusia terbaik, maka perusahaan bisa berkembang. Persis seperti Harrison Ford.

Dan yang tidak kalah pentingnya, kita sendiri adalah manusia yang berkembang. Ketika kita memulai berinvestasi, mungkin kita memulainya dengan kecil. Tapi kemampuan kita akan bertambah, dan dengan itu, maka penghasilan kita yang bisa ditambahkan ke investasi dan potensi penghasilan kita di investasi juga tidak akan stagnan seperti di awal.

Jika manusia yang berkembang berinvestasi ke produk investasi yang isinya adalah manusia yang juga berkembang, kira-kira hasil seperti apa yang menanti kita.

Inilah pentingnya kita melihat secara jangka panjang dan berinvestasi searah dengan itu, bukan berusaha melawan trendnya, karena secara alami, investasi itu sendiri akan uptrend terus.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link