Investasi yang Baik

  • Save

 

Investasi yang Baik
 
Baru-baru ini kami mengadakan seminar tentang investasi untuk masa pensiun. Acara yang diadakan bekerja sama dengan komunitas CCJ. Materi nya adalah menjelaskan mengapa kita perlu berinvestasi, apa pilihan yang baik, dan caranya. 
 
Yang menarik di seminar ini, ada kehadiran seorang peserta yang sangat muda. Kira-kira berumur 10 tahun. Kalau cuma mengikuti orang tua yang mendengarkan, sepertinya wajar saja. Banyak yang melakukannya. Dan biasanya setelah beberapa waktu akan bosan dan mulai bermain. 
 
Sedangkan yang ini, serius mendengarkan dari awal sampai akhir. Bahkan kadang mengajukan pertanyaan untuk materi yang dia tidak paham. 
 
Setelah mengobrol dengan orang tuanya, rencana mereka adalah membuka rekening untuk anaknya dan menabung di saham-saham bagus setiap anaknya mendapat uang, bisa dari ketika ulang tahun, tahun baru, atau hari raya. Dan jika saham pilihan anaknya terlalu besar nilainya, bapak nya akan menambahkan dana untuk ikut menabung. 
 
Bapak nya sendiri kami lihat sangat sabar mengajarkan anaknya selama acara. Sambil menunjukkan bagian mana saja yang bermanfaat. 
 
Bagi kami, inilah model investasi yang berguna untuk masa depan anaknya. Ketika orang tua menunjukkan jalan untuk anaknya. Sekaligus membantu mereka berjalan di jalan itu. 
 
Model belajar yang baik. Orang tua menunjukkan apa yang baik untuk anaknya, membimbingnya melalui jalan itu, dan membantu memberi bantuan ketika anaknya butuh. 
 
Walau tidak ada kepastian di masa depan, tapi kami yakin, jalan seperti inilah yang akan membuat seorang anak bertahan hidup ke depannya. 
 
Dan anaknya sendiri juga harus punya keinginan untuk suatu hari bisa mandiri. Tidak hanya di awal menjadi semangat maju kemudian mundur teratur. Sama seperti ketika kita bersemangat di awal investasi, tapi ketika melihat halangan-halangan kita menjadi ciut dan menyerah. 
 
Jika itu adalah hal baik, sudah selayaknya itu diperjuangkan. Jika itu adalah hal buruk, sudah selayaknya itu kita hentikan. 
 
Dengan cara inilah kita akan menjalankan kehidupan spiral up. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link