Logo Reborn

  • Save

Logo Reborn
 
Kami mengganti sedikit logo untuk komunitas kami. Sebenarnya pergantian ini direncanakan pada 1 tahun berjalan komunitas, yaitu di 17 Agustus kemarin, sayangnya karena tidak di tempat, kami harus menundanya. Kemudian kesempatan kedua pada pergantian tahun, ternyata situasi juga sama, jadi ditunda lagi.
 
Hari ini kami memutuskan untuk mengganti, karena kami merasa hari ini adalah hari baik. Tahu dari mana? Karena hari ini kami punya waktu untuk melakukan perubahan. Sehingga kami memutuskan, hari ini adalah hari baiknya.
 
Sama seperti saham. Kadang kita mencari kondisi terbaik untuk membeli dan menjual. Sayangnya, momen terbaik biasanya tidak pernah ada. Setiap momen akan terlewatkan dan diganti momen lainnya. Momen yang sekarang kita anggap baik, belum tentu nantinya juga jadi baik. Kita sendiri lah yang harus memutuskan kapan waktu terbaik kita.
 
Sekarang kita bahas topik intinya. Apa gunanya mengganti logo. Ini bertepatan dengan kehadiran kami di satu seminar tahun lalu. Kami belajar bagaimana melihat tujuan dari setiap hal yang kita lakukan. Dan kalau bisa, tujuan ini adalah tujuan yang baik untuk yang lain. Bisa dibaca di sini untuk artikel tentang ini. https://saham-indonesia.com/2016/08/belajar-di-singapore/
 
Setiap unsur di logo akan memiliki arti. Kita bisa mulai dari yang paling dalam, yaitu sebuah berlian. Yang memiliki arti seperti sifat berlian : materi yang jernih transparan, paling keras, dan tiap pecahan berlian juga adalah berlian itu sendiri. Ini melambangkan bahwa tiap individu memiliki potensi tersembunyi untuk mencapai kapasitas tertinggi masing-masing, dan kapasitas ini mutlak ada, dan setiap orang bisa mencapainya.
 
Ini seperti ketika kita memulai investasi, kita seperti karbon, yang merupakan materi pembentuk berlian. Karbon menjadi berlian jelas butuh proses dan waktu, sama seperti kita yang investor pemula menjadi investor yang mandiri, butuh proses dan waktu. Proses ini didapatkan dari meningkatkan kapasitas kita, dan dibutuhkan waktu, waktu yang bagi tiap orang berbeda-beda. Ada yang mungkin perlu 1x seminar sudah bisa mandiri, ada yang mungkin butuh 1 tahun, tapi pada akhirnya semua akan bisa, jika terus berusaha.
 
Setiap proses pasti ada hasil, atau tujuan. Dan tujuan kita dalam berinvestasi adalah seperti Warren Buffett. Bukan di kekayaan yang dikumpulkan. Kekayaan itu cuma bonus dari proses yang dicapainya, tapi di kapasitas seperti Warren Buffett. Sama seperti berlari marathon, 42 km adalah proses yang harus kita tempuh, Garis finish adalah bonus keberhasilannya karena menyelesaikan 42 km.
 
Jadi ketika kita bertanya-tanya, mengapa saya tidak seperti Warren Buffett, jawabannya gampang, karena kita tidak mengerjakan PR seperti Buffett. Mengerjakan PR adalah cara meningkatkan kapasitas. Kita belajar dari orang lain melalui seminar, buku, video, dan kemudian mempraktekkan sendiri sehingga ilmu itu menjadi bagian dari kita.
 
Jika kita yakin sudah di level kapasitas Buffett dan belum sekaya beliau, jawabannya adalah waktu. Mungkin jaman informasi, kita bisa mempersingkat metode belajar, tapi tetap saja tidak ada cara instan untuk berhasil. Tidak mungkin mengharap adanya bayi dalam 1 bulan dengan menghamili 9 wanita.
 
Orang yang curang, melakukan korupsi, dan jalan pintas lainnya, adalah orang yang tidak punya fondasi untuk berhasil. Seperti berlian palsu, akan terlihat retaknya suatu hari. Jalan yang kita harapkan jelas bukan jalan ini.
 
Kemudian teratai. Adalah tanaman yang tumbuh di daerah yang kotor. Tapi teratainya sendiri bersih. Ini berarti setiap individu, terlepas dari kondisinya sekarang, punya kapasitas untuk maju. Perjalanan menjadi berlian. Arti kedua adalah dalam prosesnya, kita membuang semua Sifat jelek kita. Arti ketiga, untuk berhasil, dibutuhkan keyakinan terhadap semua hal, terhadap diri sendiri, terhadap metode yang digunakan, dan terhadap tujuan kita.
 
Dan terakhir, kami memakai warna biru karena biru melambangkan akal sehat. Artinya proses yang kita lalui bisa dijalankan secara logis, tidak butuh yang aneh-aneh, misalnya bertapa di puncak gunung, atau mencari jimat, dan akal sehat adalah jalan utama nya. Logika adalah ilmu paling penting dalam berinvestasi. Jika potensi reward 4 dan risiko 2, maka ini adalah layak, jika potensi reward 2 dan risiko 4, maka ini adalah tidak layak. Sesederhana ini.
 
Mengenai tulisan invest long, prosper, and be Happy bisa dibaca di https://saham-indonesia.com/2015/12/live-long-prosper-and-be-happy/
 
Kami mengganti sedikit dari live long menjadi invest long biar sejalan dengan komunitas saham.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Copy link