Dua Supir

  • Save

 

Dua Orang Supir
 
Supir dari orang terkaya di Asia, dan supir seorang jendral di China, keduanya menjadi kaya raya melalui hubungan dengan majikannya. Tapi yang satu belajar melalui strategi investasi majikannya, satunya lagi menggunakan cara tidak benar. 
 
Supir pribadi Li Ka Shing memutuskan untuk . Li memberikannya dua juta HKD$ (sekitar 3.5 milyar rupiah) sebagai hadiah , tapi supirnya menolak karena dia telah memiliki beberapa milyar. Li terkejut mendengar ini karena dia tahu gaji supir cuma beberapa ribu dollar per tahun. 
 
Supirnya menjawab : “Ketika saya mengemudi, saya memperhatikan apa yang anda katakan di belakang dengan rekan bisnis anda terkait saham apa yang anda beli. Ketika anda membeli tanah, saya juga membeli sepetak kecil di area yang sama. Ketika anda membeli saham, saya juga membelinya. 
 
“Beginilah cara saya mendapatkan kekayaan saya.”
 
Jadi menjadi kaya tidak harus menjadi pintar, tapi tentang anda belajar dari siapa. Supir ini mengikuti strategi berinvestasi Li dengan jumlah kecil, dan akhirnya menjadi jutawan. 
 
Supir dari Xu Chaihou, jendral Tentara Pembebasan Rakyat, juga mendapatkan harta sebanyak supir Li Ka Shing. Tapi bagaimana caranya? 
 
Dengan jumlah orang yang menyuap Xu untuk mendapat promosi bertambah, bukan hanya kekayaan Xu meningkat, tapi seketaris dan supirnya juga menjadi kaya. Dengan dekat ke Xu, orang ini menjadi orang yang dicari. Dia mengambil komisi untuk setiap suap yang diberikan kepada bossnya melalui dia. 
 
Tapi setelah investigasi korupsi terhadap Xu dimulai, supirnya juga ditangkap. 
 
Sekilas, kedua supir sepertinya melakukan pekerjaan yang sama, keduanya dekat dengan jalan yang ditempuh majikan mereka. Tapi secara realita, situasi mereka jauh berbeda. 
 
Supir Li mendapat kekayaan melalui cara yang bermartabat, sedangkan supir Xu melalui suap. Yang pertama bisa menikmati buah pensiunnya dengan bangga, dan yang kedua mungkin akan meninggal di penjara. 
 
Diterjemahkan oleh Saham-Indonesia.com
 
http://www.visiontimes.com/2015/01/26/2-chinese-chauffeurs-become-rich-in-very-different-ways.html

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link