Excel Valuasi

  • Save

 

Excel

Bagaimana cara membuat api? Jelas harus ada alatnya. Apakah itu korek api atau 2 batu yang digesek. Api tidak akan pernah ada kalau kita cuma modal menunggu saja. Kecuali pas di sambar petir, yang jelas adalah tinggi. Sama juga di saham. Bagaimana bisa berhasil. Jelas ada alatnya. Kecuali kena jackpot saham yang naik 1000%, yang jelas adalah risiko tinggi.

Apalagi, gunanya api adalah untuk kebutuhan sehari-hari, tidak logis kalau kita selalu menunggu sampai petir menyambar 2 kali di tempat yang sama. Sama juga, berinvestasi adalah kegiatan jangka panjang, tidak logis kalau kita berharap terus menerus mendapat saham jackpot yang sama.

Jadi, daripada menunggu faktor eksternal, bukankah lebih baik jika kita mempersiapkan diri. Ini adalah ilmu statistik. Kita memperbesar peluang sukses kita dengan melakukan hal-hal yang mendukung kesuksesan itu.

Dua hal yang paling penting yaitu mental dan informasi. Untuk bagian mental, sudah banyak sekali artikel kita buat, intinya jangan terbawa arus massa, silakan baca artikel sebelumnya. Sekarang bagian informasi.

Orang selalu menunggu informasi dari pihak lain daripada mencari tahu. Tapi dari mana kita tahu penyebar informasi bisa dipercaya. Jika pun orangnya bisa dipercaya, apakah informasi nya bisa dipercaya. Apakah orang yang mendapat informasi sebelum kita sudah melakukan penyelidikan seperti yang kita harapkan. Sudah melewati tangan ke berapa informasi itu. Bahkan kadang yang sudah ada sumbernya pun belum bisa dipercaya.

Oleh karena itu, kita harus membuat database Versi sendiri dari sumber utamanya. Dan sumber utama jelas ada di IDX.co.id

Informasi dari sana kemudian kita olah. Jika tidak mau repot, tinggal bayar informasinya. Orang lain akan melakukan untuk kita. Dari penginputan data sampai analisa dan kesimpulannya. Tapi model demikian jelas bukan tujuan kami berbagi.

Adalah lebih baik jika kita sendiri mengembangkan Pusat data ini. Kita akan tahu isi perusahaan dan dengan demikian kita akan melakukan lebih baik lagi. Tidak logis kan jika kita berinvestasi di tempat yang kita benar-benar tidak tahu.

Excel tersebut adalah Pusat data bagi kami. Kami mengembangkannya selama beberapa waktu. Dan tiap ada ide, akan kami tambahkan lagi. Jadi menurut kami, ini berguna. Apakah ini akan berguna untuk yang lain? Kami tidak yakin. Karena cara pemahaman tiap investor akan berbeda.

Yang penting dari apa yang kami tunjukkan adalah tiap orang mesti memiliki data sendiri. Seberapa serius kita memandang investasi ini, sebesar itu juga usaha kita dalam menjaga kita. Mulai dari kecil, dari apa yang kita pahami, kemudian sedikit demi sedikit silakan ditambahkan. Selama proses menambah, kapasitas kita akan meningkat, karena kita mencari tahu apa yang sebelumnya tidak kita ketahui.

Dan dengan bertambahnya kapasitas, profit jelas akan semakin meningkat dan kerugian akan semakin kecil. Bukankah ini yang menjadi tujuan akhir dari memperbesar aset? Ketika pendapatan melebihi pengeluaran.

Jangan besar pasak dibanding tiang. Makanya jangan Cutloss melulu hanya karena kita panik tidak paham apa yang kita kerjakan. Kombinasi yang mematikan. Tidak tahu apa yang dikerjakan + emosi yang mudah goyah.

Sebagai hadiah yang bersifat gratis, dari mana kita harus memulai pembuatan data ini? Ingat kembali. Apa yang paling mempengaruhi harga saham? Adalah laba. Bisa dibaca di artikel sebelumnya tentang laba dan harga saham. Dari laba, telusurilah bagian yang terhubung dengan ini. Lama-lama kita akan punya batu yang tepat untuk membuat api. Yang penting, pakailah alat yang benar-benar kita kuasai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link