3 Nasehat Jack Ma Untuk Investor

  • Save

 

3 Nasehat Jack Ma untuk investor
 
Artikel yang menarik dari Jack Ma, kami terjemahkan sesuai kondisi investasi. 
 
1. Pelajari mengapa orang gagal
 
Coba lah untuk belajar dari sebanyak mungkin kesalahan yang ada. Jangan belajar dari kisah sukses. Guru dengan gelar MBA mengajarkan situasi yang berhasil tapi kita seharusnya belajar dari kisah kegagalan – mengapa orang gagal. 
 
Banyak orang gagal untuk alasan yang sama. Jika kamu tahu Mengapa orang gagal dan anda mempelajari nya – anda membuat perkembangan. 
 
* Artinya lebih penting mempelajari mengapa orang bisa bangkrut atau rugi di saham. Karena pioritas pertama dalam berinvestasi adalah jangan rugi. Ini banyak dibahas oleh investor besar, termasuk Warren Buffett dan Howard Marks. 
 
Selalu belajar, jangan sampai ketika di atas kita terlalu puas untuk belajar, ketika di bawah kita terlalu menderita untuk belajar. 
 
2. Dengar kan tetangga anda
 
Jangan belajar dari Bill Gates atau Jack Ma. Belajar dari orang, yang berada di sekitar anda – dia melakukan hal yang sama tapi lebih baik. Mengapa bisa demikian? 
 
* Jika kita belajar dari kisah orang sukses yang jauh di sana, kita akan kesulitan untuk melihat proses mereka naik. Lebih baik bergabung dengan Komunitas dan Saling berbagi. Ini akan membantu kita karena komunitas terdiri dari banyak orang, dan mungkin ada yang sedikit di depan kita yang bisa kita tiru. 
 
3. Perbaiki atap ketika Matahari cerah 
 
Filosofi saya adalah memperbaiki atap ketika Matahari bersinar cerah. Ketika perusahaan dalam kondisi baik, ubah lah perusahaan. Ketika perusahaan dalam masalah, berhati-hati, jangan bergerak. Jika badai datang, dan anda tidak naik ke atap untuk memperbaikinya – anda akan di hancur kan. 
 
Setiap kali saya merasa dalam kondisi baik, ketika Tim saya berkata “wow kita telah melalui tahun yang baik” – saya tahu itu adalah signal untuk berubah. Ini akan membuat perubahan. Di perusahaan kecil, anda tidak mungkin bisa menikmati hari cerah untuk waktu yang lama. 
 
* Ketika dalam kondisi market bearish, sebaiknya jangan melakukan apapun, jika kita tidak dalam kondisi berhutang. Ini pentingnya berinvestasi jangan pakai hutang. Badai akan selalu berlalu, jangan sampai kita panik dan berusaha melawan  badai. Semua orang yang selamat adalah yang menjadi kura-kura dan bersembunyi di perlindungan. 
 
Dan ketika bullish tiba ketika semuanya bereuforia, persiapkan diri untuk berubah. Ketika di atas, kita harus cukup rendah hati untuk melihat datangnya perubahan, ketika di bawah, kita harus cukup sabar menunggu datangnya perubahan. 
 
Artikel asli :
 
Ma’s three top tips for small businesses:
 
1. Learn why people fail
 
Try to learn from as many mistakes as possible. Don’t learn from the successful stories. The MBA teaches successful cases but we should learn from failure stories – why people fail.
 
Lots of people fail for the same reasons. If you know why people fail and you learn that – you make progress.
 
2. Listen to your next door neighbour
 
Do not learn from Bill Gates or Jack Ma. Learn from the people, your next door neighbour – he does the same thing but much better. Why is that?
 
3. Fix the roof while the sun is shining
 
My philosophy is repair the roof while it is still sunshine. When the company is good, change the company. When the company is in trouble, be careful, don’t move. If the storm comes, you don’t go up and repair the roof – you’ll be destroyed.
 
Every time when I feel something good, when my team says ‘wow we’ve had a wonderful year’ – I know that’s the signal we have to change. That will make you totally different. At a small company, you can never have a wonderful day to enjoy for long.
 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Copy link