Apa Yang Harus Dilakukan

  • Save

 

Apa Yang Harus Dilakukan
 
Hari-hari ini sepertinya bagi investor adalah masa yang tidak jelas. Mau beli saham sepertinya bisa turun lagi. Atau sudah beli dalam posisi full dan belum ada niat menjual. Baca media banyak berita teroris. Kemudian makin dekat 2019, suhu politik juga makin panas. Jadi apapun sepertinya tidak enak.
 
Dalam kondisi ini, salah satu kegiatan yang bisa dilakukan menurut kami adalah membaca. Dan salah satu buku yang hampir selesai kami baca adalah the tao of . Buku tentang cara pandang .
 
Buku yang menurut kami sama berkualitasnya seperti buku How Buffett does it dari James Pardoe. Dua sekawan yang merupakan investor paling besar. Tanpa bergabung, mungkin Berkshire Hathaway tidak akan sebesar sekarang.
 
Membaca akan membuat kita meningkatkan diri. Kalau materinya benar. Toh kita akan tetap menghabiskan waktu sehari-hari dengan menyerap informasi. Daripada setiap hari melihat market yang tidak stabil Padahal tidak ada rencana transaksi, kemudian membaca berita tentang teroris yang mungkin membuat pikiran terganggu, maka lebih baik waktunya digunakan untuk mengisi pikiran dengan hal yang manfaatnya akan terasa langsung bagi kehidupan kita.
 
Berita seperti ini cukup sekali saja tahu sebagai informasi. Membaca 1x dan 20x sama saja kan efeknya untuk hidup kita. Lebih baik 19x lainnya kita guna kan untuk membaca beberapa Bab buku yang nantinya akan meningkatkan diri kita.
 
Tujuan meningkatkan diri jelas adalah untuk mempersiapkan diri kita dalam menghadapi apa yang terjadi berikutnya. Buffett dan Munger belajar bukan untuk menghindari kerugian lebih besar, tapi mempersiapkan diri menghadapi kerugian yang lebih besar, dan tahu harus melakukan apa.
 
Dan hanya dengan kapasitas kita yang meningkat, barulah kita bisa menyumbang untuk lingkungan kita. Lingkungan yang lebih baik, bukankah akan membawa hal baik juga untuk manusia yang ada di dalamnya. Kalau semua yang di dalamnya baik, masih adakah yang berpikir untuk melakukan teror?
 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Copy link