Menuntut Ilmu

  • Save

 

Menuntut Ilmu

Bursa sedang turun selama beberapa waktu ini. Apalagi 2 minggu terakhir. Penurunan yang lumayan fluktuatif. Apa yang harus dilakukan? Jual semua kemudian pergi berlibur karena berekspektasi makin turun? Atau menambah karena berekspektasi naik? Semua hal bisa terjadi.

Banyak hal bisa dilakukan. Tapi melakukan transaksi adalah hasil dari kerja keras kita. Yaitu telah melakukan analisa. Melakukan analisa sendiri jelas perlu ilmu. Karena itulah, aktivitas sehari-hari seorang investor adalah membaca. Membaca harga saham sendiri tidak termasuk kegiatan meningkatkan diri.

Membaca yang paling penting bagi kami, adalah membaca cara berpikir investor yang telah ada di depan kita. Mereka ibarat kompas bagi kita yang sedang berjalan di area yang sama. Ini kalau kita memang mengarah ke sana tujuannya. 2 mood yang menghalangi kita untuk maju, ketika market di bawah dan portofolio merah, kita terlalu depresi untuk belajar. Dan ketika market naik dan portofolio hijau, kita terlalu euforia untuk belajar.

Belajar sendiri juga bisa dengan berdiskusi dengan orang-orang di jalan yang sama. Siapa tahu mereka ada ide menarik yang bisa kita terapkan. Berbagi informasi adalah jalan cepat untuk naik level. Apalagi adanya komunitas yang mendukung untuk itu.

Setelah itu, kita bisa juga membaca laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang ada di bursa. 500 perusahaan, tidak mesti semua kalau tidak sanggup. Bisa dimulai dari perusahaan yang ada di lingkar kompetensi kita. Kemudian diperluas satu demi satu.

Bahkan posisi merah dan kerugian di saham pun bisa dijadikan pelajaran. Apa saja yang bisa kita lakukan ke depannya untuk menjadi lebih baik. Fokus di kerugian, kita akan terus menderita, fokus di pelajaran, kita akan terus berkembang.

Apakah dengan membaca saja nasib kita akan berubah, atau market akan menjadi lebih baik? Jelas tidak. Kita membaca maka cara pandang kita akan berubah, cara pandang berubah maka cara bertindak akan berubah, dan cara bertindak berubah maka nasib juga akan berubah.

Apalagi untuk beberapa waktu ke depan sepertinya pasar akan menyesuaikan diri, jadi tidak perlu terlalu dipaksa. Kenaikan bunga di Amerika jelas akan membuat banyak pengelola dana mengatur ulang portofolio mereka. Mana yang bisa memberikan hasil lebih baik, mana yang sudah di harga premium.

Menentukan harga murah dan premium? Jelas butuh ilmu lagi. Dan ilmu? Baca lagi dari atas. Pada akhirnya, siklus akan seperti ini. Kadang naik, kadang turun. Tidak ada yang berlangsung selamanya.

Kebetulan kami sedang membaca buku The Tao of Charlie Munger. Buku sederhana yang menjelaskan tentang cara berpikir otak di belakang Buffett. Silakan cari di google book untuk versi ebooknya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Copy link